Beranda SEJARAH POLITIK Sejarah Lahirnya Partai Nazi Jerman

Sejarah Lahirnya Partai Nazi Jerman

Oleh : Daffa Nugroho Ananda

NSDAP atau (Nationale Deutche Arbeiter Partei)  dikenal sebuah partai buruh dari Jerman yang pertama kali dibentuk pada tahun 1920. Pusat partai ini terletak di Munchen, Jerman. Sejak jatuhnya masa pemerintahan Republik Weimar pada tahun 1933  hingga berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945, Partai Nazi itu sendiri merupakan sebuah partai paling berpengaruh dan memiliki kekuatan politik yang signifikan terutama pada saat Perang Dunia II berlangsung karena Jerman memainkan beberapa peranan penting dalam mendominasi dunia Eropa dan Asia pada saat itu. Jerman yang berideologi Fasisme bersekutu dengan Jepang dan Italia untuk melawan aliansi sekutu yang  teridiri  dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Uni Soviet.

Awalnya pada tahun 1918 partai ini bernama  Freier Ausschus  fur Einen  Deutchschen Arbeiterfrieden yang artinya Komite Bebas untuk Kedamaian  Buruh Jerman. Partai ini didirikan di kota Bremen, Jerman dan pendiri partai ini adalah Anton Drexler   pemimpin politik beraliran sayap kanan, di mana  Anton Drexler ini awalnya seorang tukang cuci piring, namun karena memiliki kemampuan dan pengaruh terhadap politik akhirnya Drexler terlibat terhadap pembentukannya partai in’i kemudian pada tahun 1919 Anton Drexler dengan kawannya Gott Fieret, Diethrich Erkhan dan Karl Harrer mengubah nama partai tersebut menjadi DAP atau (Deutch Arbeiter Partei).

Pada tahun 1919,  Ernst Julius Rohm atau dikenal sebagai Rohm seorang perwira Jerman pada era Perang Dunia ke 1 bertemu seorang prajurit veteran yang usianya masih 30 tahun, yaitu Adolf Hitler. Keduanya sama-sama membenci kelompok Yahudi dan Komunis. Terutama mereka membenci Yahudi karena pada Perang Dunia I Jerman kalah dengan negara-negara Yahudi yang akhirnya menentang dan mengkhianati Perjanjian Versailles yang mengakhiri Perang Dunia I karena bagi rakyat Jerman sendiri karena Perjanjian ini bagi perwakilan Politik di Jerman sangat di rendahkan oleh perlakuan negara-negara sekutu. .

         Mengingat Adolf Hitler memiliki tujuan dan pengaruh yang sama seperti Rohm akhirnya hitler memutuskan untuk bergabung partai DAP. Pada saat itu partai ini memiliki kurang dari 40 anggota. Partai ini sangat nasionalis dan patriotik  dan diharapkan bisa menyaiingi kaum Sosialis dan Kominis dalam mencari dukungan masyarakat. Pada mulanya Adolf Hitler dianggap sebelah mata oleh anggota-anggota partai DAP karena Hitler dianggap tidak memiliki bakat atau kemampuan beropolitik dalam partai ini. Dalam partai kecil itu, Adolf Hitler memperlihatkan kemampuan propaganda  dan berorganisasi yang hasilnya cukup luar biasa dan dipandang hebat dalam anggota-anggota partai DAP hingga akhirnya pada tahun 1921  dia dipilih menjadi pemimpin partai itu dengan mengubah nama partai menjadi Nasionalsozialistische Deutcshe Arbeiterpartei (Partai Buruh Jerman Nasional Sosialis) jika disingkat yaitu Nazi dan mengeluarkan pernyataan yang menuntut agar Perjanjian Versailles dicabut, kewarnegaraan Jerman bagi orang Yahudi dihapuskan, keuntungan perang disita, menuntut pembagian keuntungan industri dan kenaikan dana penisun.

BACA:  PERTEMPURAN STALINGRAD

Karena akan sadar kekuatan lambing, Hitler mengambil simbol partai yang mengesankan yaitu simbol Swastika. Simbol ini adalah simbol suku Arya kuno.Hitler mengambil simbol ini karena melambangkan perjuangan bagi kejayaan orang Arya. Selama masa-masa awal kegiatan politiknya di Munchen Hitler banyak menarik sejumlah tokoh Nazi yang kemudian memegang peranan penting dalam sejarah Nazi.  Seperti Alfred Rosenberg, seorang  arsitek yang berasal dari Latvia, menjadi editor Volkischer Beobachter serta ahli amsalah rasial Partai berkat buku rasialisnya yang berjudul Mythus des 20 Jahrhunderts ( Mitos Abad ke-20). Rudolf Hess seorag pilot Luffwaffe (Angkatan Udara Jerman) pada masa Perang Dunia I dimana dia tertarik oleh pengaruh Hitler. Lalu ada Herman Goring seorang Pilot Nazi Jerman pada Era Perang Dunia I sekaligus politisi dan pemimpin militer juga tertarik bergabung dengan Nazi.

BACA:  Sejarah Militer dan Ketentaraan dalam Dunia Islam

Masuknya banyak tokoh baru dan prajurit lainnya partai Nazi pada masa awal-awalnya membuat partai tersebut bisa dikatakan sebuah unit propaganda tentara yang dipimpin oleh seorang nasionalis dengan sifat paramiliter yang didukung oleh tentara pribadina , yang siap dan berkeinginan untuk menjatuhkan pemerintah yang sah. Bahkan organisasi awal NSDAP mirip dengan struktur komando tentara. Setiap anggota diwajibkan mengikuti keinginan sang pemimpin tanpa banyak tanya.

Kesimpulannya Partai Nazi adalah partai yang sangat berpengaruh pada Perang Dunia II sebagai simbol politik Jerman setelah runtuhnya kekaisaran Republik Weimar dan berakhirnya Perang Dunia II. Partai ini awalnya hanya partai buruh biasa untuk menentang dan menyaingi idelogi Sosialis dan Komunis di Jerman, namun sejak masuknya seorang veteran Perang Dunia I bernama Adolf Hitler, partai ini sekian lama berkembang  dan memberikan pengaruh kepada anggota-anggotanya karena pengalaman berorganisasi dan juga kemampuan politik Adolf Hitler. Banyak anggota baru seperti Herman Goering dan Alfred Rosenberg ikut dengan partai ini karena pengaruh Adolf Hitler. Banyak prajurit yang masuk dalam partai ini, partai Nazi dikenal sebagai partai dengan unit propaganda tentara karena bersifat para militer oleh karena itu  Jerman dikenal sebagai negara yang menganut faham Fasisme karena menggunakan militer atau propaganda untuk mengatur negaranya.

Berita sebelumyaPERTEMPURAN STALINGRAD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Sejarah Lahirnya Partai Nazi Jerman

Oleh : Daffa Nugroho Ananda NSDAP atau (Nationale Deutche Arbeiter Partei)  dikenal sebuah partai buruh dari Jerman yang pertama...

PERTEMPURAN STALINGRAD

OLEH : Daffa Nugroho Ananda Pertempuran Stalingrad merupakan pertempuran paling terbesar selama Perang Dunia II. Pertempuran ini menggambarkan dimana...

Keterkaitan Antara Soekarno Dengan DN.Aidit dan Partai Komunis Indonesia

Oleh : Daffa Nugroho Ananda Partai Komunis Indonesia merupakan salah satu partai politik  terlarang di Indonesia sejak tahun 1965...

JANGAN JADIKAN KEMITRAAN OJEK ONLINE SEBAGAI PENINDASAN GAYA BARU

Refleksi kondisi mitra ojek online di era pandemi virus Sars-CoV-2 atau virus corona Oleh :Tian Hermawan(Aspal Merah Perjuangan)

Peristiwa PDRI & lahirnya Polwan di Indonesia

kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan...